JAKARTA- (TribunOports.com)

Kontingen Mahasiswa Aceh yang akan tampil di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI / 2019, 19-26 September di Jakarta didominasi oleh para atlet yang siap menghadapi Pra-PON 2020.

Karena itu, kepergian Kontingen Pelajar Aceh ke pesta olah raga antar pelajar seluruh Indonesia kali ini didampingi oleh sejumlah pengurus KONI Provinsi Aceh. Tampaknya KONI Aceh memang menjadikan POMNAS 2019 sebagai tempat uji coba sebelum persiapan untuk Papua PON 2020.

Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar ketika dihubungi TribunOports.com dari Jakarta, Senin (16/9) malam membenarkan bahwa POMNAS 2019 menjadi salah satu tahapan dalam persiapan atlet Aceh menuju PON 2020 Papua.

"Saya pikir hampir semua kontingen menjadikan POMNAS ini bagian dari persiapan para atlet ke PON 2020. Karena sejak awal Aceh menetapkan target 10 Besar pada PON 2020. Target itu melayang mengingat pada PON 2024 berikutnya, Aceh menjadi tuan rumah bersama dengan Sumatera Utara, "kata Kamaruddin.

Pada POMNAS 2019, Aceh memiliki 111 atlet, 57 pelatih dan resmi untuk berpartisipasi dalam 14 olahraga. Kontingen POMNAS Aceh dirilis oleh Kadispora Aceh, Dedi Yuswandi, mewakili Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Kamaruddin menambahkan bahwa kegiatan olahraga siswa Aceh terus berkembang, terutama di Unsyiah. Banyak acara mahasiswa telah menghasilkan prestasi untuk atlet Aceh.

"Peregangan pembinaan olahraga di lingkungan siswa Aceh telah membuat Gubernur Aceh lebih antusias dalam mendorong atlet siswa Aceh untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi, termasuk dalam POMNAS 2019 ini," jelas Kamaruddin.

Kontingen Mahasiswa Aceh pada POMNAS 2019 akan dipimpin oleh Wakil Rektor III, Divisi Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr. Ir Alfiansyah Yulianur Bcl. delapan perunggu, bisa mencapai 10 besar di Pomnas XVI / 2019 di Jakarta.

Untuk mencapai 10 target teratas, menurut Kamaruddin, Aceh berkonsentrasi pada andalan seni bela diri, olahraga dan permainan terukur, yaitu pertempuran, seni bela diri, kempo, petanque, tenis lapangan, tenis meja, pagar, atletik, dan catur.

Diharapkan cabang-cabang lain juga akan dapat memenangkan medali di acara-acara mahasiswa multi-olahraga ini untuk mencapai target meningkatkan peringkat Aceh. TOR-10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here